Quick menu navigasi :

  1. Pergi ke konten
  2. Pergi ke menu bagian utama
  3. Pergi ke Cari alat
  4. Buka menu Help
  5. Pergi ke modul
  6. Pergi ke daftar cara pintas keyboard

Bantuan menu :

  1. Sanofi Worldwide |
     
  2. Our Websites |
     
  3. Global Business Websites |
     
  4. Hubungi kami |
  5. Peta Situs |
  6. Bantuan
  1. Ukuran font

    Menurunkan Meningkatkan  
 
 

Trombosis

Hubungi kami

Sanofi Indonesia

PT Aventis Pharma

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 2
Pulomas, Kayu Putih,
Pulogadung, Jakarta Timur 13210
Indonesia
Tel.: +62 (21) 489 2208
       +62 (21) 489 5608
Fax: +62 (21) 475 1035

Isi :

Trombosis

Trombosis.jpg

Trombosis mempengaruhi baik sistim arteri (Atherothrombosis) dan pembuluh nadi (Venous Thromboembolism).

 

Venous Thromboembolism (VTE) / Tromboemboli vena

Venous Thromboembolism (VTE), yaitu tersumbatnya pembuluh darah vena oleh bekuan darah. Vena yang sering mengalami VTE yaitu vena tungkai bawah. Manifestasi paling umum dari VTE adalah deep vein thrombosis (DVT) yang terjadi jika suatu bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Kondisi tersebut banyak terjadi pada pasien berusia lanjut (di atas usia 60 tahun), pasien bed rest total yang tidak dapat bergerak dari tempat tidur (termasuk pasien pasca operasi yang tidak banyak bergerak selama suatu waktu) dan juga pasien dengan kondisi genetik yang membuatnya rentan terhadap penggumpalan darah secara tidak normal. Penyakit lain seperti kanker dan lupus juga berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya DVT.

Gejala dan tanda DVT yaitu kulit terlihat kemerahan, nyeri pada tungkai, dan bengkak. Pada beberapa kasus DVT terjadi tanpa gejala dan tanda. Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan diagnosis DVT, misalnya pemeriksaan D-dimer dan ultrasonografi (USG) Doppler. Jika tidak ditangani, konsekuensi paling serius dari DVT dan terjadi pada sekitar sepertiga pasien DVT adalah pulmonary embolism (PE). Ini terjadi jika bekuan melepaskan diri mengalir ke paru dan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di paru. Kondisi ini dapat berisiko gangguan pernapasan dan berisiko fatal. Terapi VTE meliputi pemberian obat yang mengurangi terjadinya bekuan darah dan / atau kompresi mekanik pada daerah yang terkena.

Atherothrombosis (AT)

Atherothrombosis (AT) merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat pecahnya lesi aterosklerosis yang menyebabkan sumbatan pembuluh darah arteri. Atherothrombosis yang terjadi di pembuluh darah koroner jantung merupakan penyebab utama serangan jantung (acute coronary syndrome / ACS) dan mortalitas kardiovaskuler. Kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Begitu pula, jika hal tersebut terjadi dalam pembuluh darah yang memasok darah ke otak, maka stroke iskemik akan terjadi dan berisiko terjadinya kelumpuhan dan bahkan kematian. Peripheral Arterial Disease (PAD) terjadi jika AT mengenai pembuluh-pembuluh arteri tungkai bawah.

Aterosklerosis berasal dari bahasa Yunani: athero (pasta) dan sclerosis (keras). Aterosklerosis terjadi jika terdapat timbunan lemak (kolesterol) pada dinding pembuluh darah jantung, otak, maupun perifer. Timbunan lemak tersebut dapat membesar dan semakin menyumbat pembuluh yang bersangkutan atau pecah sehingga menyebabkan sumbatan akut. Akibatnya, aliran darah terganggu serta timbul resiko kematian jaringan, dan dapat mengancam jiwa. Sebenarnya proses tersebut mulai terjadi sejak masa kanak-kanak dan tanpa disadari semakin memburuk sejalan dengan bertambahnya usia dan gaya hidup yang kurang sehat.

Faktor risiko terjadinya aterosklerosis misalnya kadar kolesterol dan trigliserida darah berlebih, tekanan darah tinggi, diabetes, kebiasaan menghirup asap rokok, dan lain-lain. Untuk mengurangi terbentuknya plak aterosklerosis, gaya hidup yang sehat seperti diet sehat, olahraga secara tepat, menghindari kebiasaan merokok, dan sebagainya perlu diimplementasikan.

Dengan pengetahuan kedokteran dan tatalaksana yang semakin maju, penderita dengan risiko tinggi terkena atherothrombosis dapat dikenali dan ditangani secara tepat.


Referensi:

  • MedlinePlus. Deep Venous Thrombosis.2013. Available from: www.nlm.nih.gov
  • MayoClinic. Deep Vein Thrombosis. Available from: www.mayoclinic.org
  • White RH. Four topic in venous thromboembolism. Circulation.2003;107:I4-8
  • Viles-Gonzalez JF, et al.Atherothrombosis: A widespread disease with unpredictable and life-threatening consequences. Eur Heart J.2004;25:1197 – 207.
  • American Heart Association. Atherosclerosis. 2012. Available from: www.heart.org

Maret 24, 2014