Kesehatan Area Kewanitaan

Kesehatan Area Kewanitaan

Semakin tingginya kesadaran untuk menjaga kesehatan, membuat setiap wanita ingin memberikan perawatan terbaik untuk tubuhnya, termasuk area V. Terutama para wanita yang sudah menikah. Area V adalah area yang sensitif serta memerlukan perawatan khusus. Di area ini terdapat bakteri-bakteri baik untuk memelihara pH alami area V. Produk-produk pembersih V semakin banyak digunakan, baik untuk perawatan, pencegahan, menjaga kebersihan sehari-hari, ataupun menyelesaikan masalah umum area V, antara lain seperti1:

  • Keputihan.
  • Gatal.
  • Bau tak sedap.
Produk pembersih area V dapat merusak kulit karena2:
  • Pembersih berbahan dasar sabun memilik pH tinggi atau alkali dan lebih berpotensi menyebabkan iritasi.
  • Sabun biasa dapat mengiritasi kulit vulva (pertahanan lini pertama untuk melindungi saluran genital dari infeksi) dan vagina.
  • Oleh karena itu, produk pencuci organ kewanitaan harus diformulasi dan diuji secara spesifik pada area vulva untuk menjamin tidak terjadinya iritasi atau sensitisasi kulit. Pengujian yang dilakukan harus meliputi aspek hipoalergenik, ramah pH, pembersih ringan, tidak ada iritan, mencegah kekeringan, dan pemeliharaan keseimbangan mikroflora. Di Indonesia, pembersih area V terbagi atas 2 kategori besar yaitu sirih (84%) dan non-sirih (16%). Lactacyd Feminine Hygene adalah pembersih kewanitaan berbahan dasar Lactoserum dan Lactic Acid, atau ekstrak susu dari bahan alami untuk menjaga pH alami area kewanitaan Anda. Lactacyd Feminine Hygiene tersedia dalam beberapa varian:

Rangkaian Produk  Lactacyd

  • Lactacyd Feminine Hygiene
    Menjaga keseimbangan alami area V yang terbukti klinis mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap. Tersedia dalam kemasan 60ml, 150ml, dan 250 ml.
  • Lactacyd Herbal
    Mengandung sirih yang memberikan rasa kesat, ekstrak susu yang melembutkan, serta ekstrak mawar untuk merawat area V. Tersedia dalam kemasan 60ml dan 120 ml.
  • Lactacyd White Intimate
    Lebih dari sekadar membersihkan, dengan kandungan 3 bahan alami (ekstrak susu, bengkoang, marine algae) yang mencerahkan area V dalam waktu 4 minggu. Tersedia dalam kemasan 60ml dan 150ml.

Referensi:
1 Project Nike - Understanding the Feminine Hygiene Wash Market
2 Chen Y, et al. Women’s Health.2017;13:1–10.
3 Ramirez-Gonzales JA, Vaamonde-Lemos R, Cunha-Filho JS, Varghese AC, Swanson RJ. Overview of the female reproductive system. In: Vaamonde D, du Plessis SS, Agarwal A (ed). Exercise and Human Reproduction. New York: Springer Science + Business Media, 2016. p19–28.